3 Cara SEO Friendly bagi Penulis Pemula

Menulis merupakan kegitan yang menyenangkan untuk beberapa orang karena dengan hal tersebut mampu untuk menyampaikan pendapat, menyalurkan fikiran, kreatifitas dan pengetahuan dimiliki penuli. Artikel merupakan salah satu bentuk dari tulisan dimana berisikan karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui Koran, majalah, bulletin,dsb) dan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur (Wikipedia).

Perkembangan zaman saat ini juga membantu untuk mempublikasikan artikel melalui internet yang dapat dengan mudahnya ditemukan pada mesin pencarian saat ini seperti google. Semakin memudahkan untuk mempublikasikan sebuah artikel, memudahkan pula bagi para penulis untuk memposting tulisannya pada saat ini. Tentunya hal tersebut menjadi sebuah tantangan baru untuk para penulis agar tulisannya lah yang dapat menarik banyak pembaca.


Selain hanya untuk mencari pembaca akan tetapi respon positif merupakan salah satu hal yang diinginkan dari seorang penulis dari pembacanya apalagi apabila ditambah tulisannya dapat diketahui oleh banyak orang. Bagi penulis yang memiliki pembaca setia bukanlah menjadi hal yang dikhawatirkan, kemudian bagaimana bagi penulis pemula untuk dapat  dikenal dan mendapatkan perhatian mengenai artikel yang dimuatnya pada mesin pencarian.

Artikel SEO Friendly mungkin bisa membantu untuk menjawabnya, hal ini bisa menjadi salah satu trik bagi penulis pemula untuk memancing pembacanya di mesin pencarian.  Artikel SEO Friendly sendiri merupakan penggabungan dari artikel yang menggunakan teknik SEO pada mesin pencarian penggunaanya pada hal publikasi adalah untuk mengetahui popularitas dan kedudukan sebuah artikel yang dimuat pada mesin pencarian tersebut.

Sedangkan untuk “Friendly” merupakan kata dari bahasa inggris yang memiliki arti ramah atau bersahabat pada hal ini dimaksudkan bagi pembaca, dengan begitu artikel dengan SEO Friendly akan membantu artikel berada pada puncak pencarian.

Dengan memahami artikel SEO Friendly tersebut, maka hal-hal yang perlu diperhatikan bagi penulis pemula adalah sebagai berikut:


Mengemas Konten dengan Menarik

Hal yang perlu diperhatikan dalam memulai sebuah artikel SEO Friendly adalah artikel itu sendiri, pembahasan konten yang update mengikuti perkembangan yang terjadi saat ini dan dimuat secara mendalam agar mudah dimengert, didukung dengan sistematika penulisan yang baik seperti pemilihan font yang mudah dibaca, meminimalisir atau menghindari kesalahan penulisan, menggunakan kata yang mudah dimengerti. kemudian dibantu dengan menggunakan ilustrasi  seperti gambar untuk memahami konten yang sedang diangkat. Dan dibungkus dengan kemasan desain web yang menarik dengan pemilihan warna dan pola yang tidak mencolok akan membuat para pembaca merasa nyaman membaca artikel tersebut

Gunakan Judul dari Keyword Artikel

Apabila artikel sudah memperhatikan pengemasan konten dengan baik maka selanjutnya adalah menarik pembaca dengan judul yang singkat, padat, dan jelas. Artikel yang baik apabila tidak mampu untuk membuat judul yang menarik maka sangat disayangkan karena akan menurunkan jumlah pembaca. Gunakan lah keyword atau kata kunci yang dibahas pada artikel yang dimuat.

URL yang Singkat

untuk mempermudah menshare atau membagikan bahkan mempromosikan tulisan buatlah sebuah URL yang mudah digunakan maupun diingat, dengan begitu penyebarluasan tulisan akan semakin mudah. URL yang singkat akan mempermudah pembaca untuk memahami apa yang akan dibahas apa link tersebut secara keseluruhan.
Dengan memperhatikan 3 hal tersebut akan membantu artikel yang dipublikasikan untuk mudah ditemukan dan tentunya akan berdampak pada pemempatan urutan artikel pada mesin pencarian.