Hal Penting Dalam Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Langkah Penting Untuk Menulis Artikel SEO Friendly

Search Engine Optimization atau SEO merupakan bagian dari General Internet Marketing untuk membantu memasarkan produk, jasa atau Brand secara online. SEO membantu brand atau bisnis anda semakin visible dalam mesin pencari. SEO biasanya digunakan untuk membuat artikel blog untuk website, leads nya bisa sebagai traffic ke Website tersebut, Sales, dan juga Branding.

Banyak sekali penulis yang dapat membuat artikel dengan lancar dan unik tapi tidak memperhatikan poin poin penting agar artikelnya dinyatakan "SEO Friendly" atau mudah dicari dalam mesin pencari seperti Google. Apalagi, jika tujuan menulis tersebut adalah untuk mempromosikan bisnis onlinenya, maka ini sangat disayangkan sekali.
Jadi, bagi kalian yang khususnya sedang menggeluti usaha bisnis online, dan ingin meningkatkan branding pada internet marketing, kalian bisa mencoba menggunakan cara ini. Berikut poin penting langkah menulis Artikel SEO friendly terutama untuk pemula.

1. Audiens.

Cara pertama menulis artikel SEO adalah kenali dulu siapa audiens kalian. Siapa target pembaca blog ini. Karena, audiens kalian berbeda beda, tergantung dari industri atau konten artikel kalian. Contoh, jika konten artikel kalian adalah otomotif, maka kebanyakan audiens anda adalah pria. Begitu juga jika konten kalian berasal dari industri kecantikan, maka audiensnya akan lebih banyak wanita. Kategori audiens ini juga dibagi berdasarkan rentang umur, bahkan demografinya. Nah, setelah kalian mengetahui siapa target audiens kalian, barulah kalian bisa menentukan Keyword.

2. Keyword.

Keyword tidak bisa ditentukan kalau kalian belum tau siapa audiens atau target pembaca dari artikel. Ini sangat penting karena setiap Kategori audiens memiliki keyword nya sendiri. Contohnya, jika kamu menggunakan keyword "Perawatan mobil antik" maka audiens kamu adalah berjenis kelamin pria dengan umur diatas 40 tahun, karena pada umur tersebut lebih banyak peminat mobil antik. Beda halnya dengan keyword "tempat nongkrong yang instagram-able" maka audiens kamu mayoritas akan diisi oleh remaja dan para muda mudi yang mencari tempat hangout. Keyword density (jumlah keyword yang muncul di artikel) juga perlu diperhatikan nih guys. Menurut pakar dari Jayaseo.com, keyword density berkisar antar 3%-5% dari total artikel kamu. And yang paling penting juga, pillihlah keyword yang memiliki  kemungkinan tinggi akan di cari oleh orang di internet. Keyword haruslah menarik dan mudah dipahami.

3.Content.

Yep indeed, dalam menulis artikel SEO Friendly, kamu juga ngga bisa mengabaikan kepentingan kualitas konten kamu. Buatlah konten yang bisa menjawab pertanyaan para audiens. Karena sejatinya, para peselancar internet menggukan search engine untuk mencari jawaban dari "pertanyaan mereka". Mulai dari hal hal normal seperti "Cara memasak ketupat untuk lebaran", "harga sewa rumah di Jakarta" sampai yang unik bin ajaib seperti "Langkah move on dari mantan". Artikel kalian nggak harus selalu "menjawab" masalah- masalah ini, tapi setidaknya buatlah content yang berkualitas dan enak dibaca. Perhatikan juga struktur artikel seperti Heading, Subheading dan Paragraf. Jangan lupa menyematkan keyword pada judul dan subjudul kamu ya. 


Nah itu dia beberapa cara dan poin penting yang perlu di perhatikan untuk menulis artikel SEO.  Selain hal hal diatas, jangan lupa juga untuk memperhatikan optimasi gambar yang dipakai di artikel kalian. Kalau perlu gunakan juga internal linking atau external linking menuju authority site yang relevan dengan konten artikel kamu. And the last one. Please, gunakan URL yang tidak terlalu panjang, namun bisa dimengerti dengan jelas beserta keyword di dalamnya.
Selamat mencoba!