Apa Itu SEO Blog dan Apa Manfaatnya Dalam Digital Marketing?

Jejak Web Indo - Mungkin beberapa dari Anda pernah mendapati atau membaca istilah SEO saat sedang beraktivitas di dunia maya atau ketika sedang mencari-cari artikel di Google saja. Bagi Anda yang memang menekuni dunia blogging atau mengelola sebuah situs, istilah SEO bukanlah hal baru atau asing. Bagi Anda yang termasuk pengguna awal dalam dunia blog maupun bisnis, penjelasan mengenai apa itu SEO blog dan apa manfaatnya di dalam dunia digital marketing itu sendiri patut diketahui.



Apa Itu SEO Blog?

Pertama-tama, kita kenali dulu apa kepanjangan dari SEO. SEO itu adalah Search Engine Optimization. Lalu apaitu SEO blog? Secara sederhana, SEO blog adalah membuat halaman pada website atau blog Anda ditampilkan di halaman pertama pada daftar hasil pencarian search engine dengan kata kunci (keyword) yang ditargetkan.

Sebagai contoh, pembuatan blog untuk toko handphone Anda, tentu Anda ingin bahwa ketika orang mencari kata 'toko handphone', situs toko Anda berada di halaman rekomendasi pertama dari mesin pencari (terutama Google), bisnis Anda tersebut harus menggunakan SEO. Sebelum lebih lanjut lagi, kata kunci (keyword) itu adalah kata atau frasa yang diketik secara langsung di dalam kolom search pada Google saat si pengguna hendak mencari sesuatu di Google. Penerapan SEO yang tepat dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda ke arah yang lebih baik. 

Dasar SEO Blog Yang Wajib Diketahui

Dasar SEO blog ini adalah cara fundamental untuk mengoptimasi penggunaan SEO blog dalam meningkatkan pertumbuhan blog tertentu. Dasar SEO yang wajib diketahui, antara lain:

SEO On Page adalah dasar pengoptimasian SEO blog yang harus kita lakukan dari sisi blog kita sendiri. SEO On Page adalah tindakan untuk mengoptimasi blog yang terhitung mudah bahkan sangat gampang untuk dilakukan bagi setiap blogger. SEO On Page secara langsung memiliki hubungan dengan keywords yang digunakan, judul blog tersebut, kualitas isi atau konten di dalam blog, dan bahkan template blog yang SEO friendly.

SEO Off Page adalah dasar pengoptimasian SEO blog yang harus kita lakukan dari sisi luar blog kita yang mempengaruhi peringkat halaman blog Anda sesuai kata kunci (keyword) yang Anda targetkan. Seperti menautkan dengan social media, memanfaatkan tools SEO Google, dan bahkan membuat backlink secara manual. 

Apa Manfaat SEO Blog Dalam Digital Marketing? 

Bagi Anda penulis blog atau pengguna blog untuk kebutuhan bisnis pasti memiliki tujuan yang sama, yaitu pertumbuhan dari blog Anda masing-masing. Dalam dunia digital marketing penggunaan SEO dapat menimbulkan banyak manfaat, antara lainnya: 
  • Untuk penggunaan SEO blog yang tepat maka akan mendatangkan banyak pengunjung ke blog Anda, karena SEO yang berhasil akan membuat blog atau halaman tertentu yang ada pada blog Anda akan muncul di halaman pertama dari pencarian pengguna. Bahkan beberapa keuntungan lainnya adalah dapat meningkatkan brandawareness terhadap blog Anda.
  • Meningkatkan penjualan. Tentunya bagi Anda yang menggunakan blog untuk melakukan transaksi penjualan ini hal yang sangat akan mempengaruhi peningkatan penjualan produk bisnis Anda. Apalagi jika postingan Anda berada di nomor satu yang muncul di halaman pertama Google.
  • Memotong biaya iklan dan mudah terkenal. Keberhasilan dalam mengoptimalisasi SEO blog dapat memberikan manfaat yang lebih, salah satunya blog Anda terkenal. Menjadi terkenal merupakan cara yang mudah untuk melakukan brandawareness atau promosi sekalipun. Dengan ini, maka mampu menimbulkan manfaat lain, yakni memotong biaya iklan. Anda tidak perlu repot-repot memikirkan strategi untuk iklan.
Setidak-tidaknya itulah pengetahuan dasar tentang apa itu SEO blog yang harus diketahui dan diterapkan dalam SEO blog.