Mengenal Apa Itu SEO Friendly

SEO (Search Engine Optimization) terdengar unik tapi menguntungkan. Dimana semua orang bisa melakukannya. Dengan catatan ia harus bisa memahami lebih dalam Apa Itu SEOFriendly.

Nah, jika sobat masih seorang pemula yang ingin melakukan SEO. Disini KAMI akan membagikan informasi mendalam tentang hal tersebut. Mari kita bahas.
Mula-mula kita akan membahas SEO Friendly. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kata friendly bisa diartikan ramah atau juga bisa bersahabat.
Sedangkan SEO adalah teknik pemasaran online lewat website, dengan cara mengoptimalkan mesin pencari.
Kalau diringkas, SEO Friendly bisa diartikan sebagai ramah SEO, atau teknik pemasaran online yang tentunya sesuai aturan mesin pencari.
Jadi, secara garis besar SEO Friendly merupakan metode untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari dengan teknik ramah melalui struktur konten yang berkualitas.
Mesin pencari sangat memandang baik terhadap konten segar dan memiliki kualitas. Jika konten ramah SEO dibuat maka bukan tidak mungkin laman web dengan kualitas tinggi bisa langsung di halaman 1 Google. Ini wajar, sebab konten adalah raja di SEO.

Tips Pembuatan Konten SEO Friendly


Ada beberapa indikator yang mempengaruhi kualitas konten dan SEO Friendly. Dan berikut ini sobat bisa melihat tips-tips dasar membuat konten berkualitas sehingga lebih afdol.

1. Tittle

Untuk tittle atau judul artikel buatlah dengan H1 (heading 1), pastikan isi tittle diselipkan kata kunci tertarget. Kata kunci tersebut bisa sobat cari lebih dahulu seberapa tinggikah pencariannya di Google Adwords Keyword Tolls atau Ubersuggest. Sebisa mungkin pilihlah long keyword atau kata kunci turunan.
Misalnya keyword sobat adalah “jual jam online”
Maka pilihlah turunannya, misal “jual jam online murah”
Kemudian masukkan pilihan keyword tersebut ke dalam judul artikel menjadi contohnya “Toko jual jam online murah” atau bisa juga tambahkan lokasi sobat misalnya di Jakarta sehingga jadi “Toko jual jam murah di Jakarta”.

2. Sub-Judul

Ini merupakan bagian yang harus sobat lakukan. Sebab, mesin pencari akan merayap lebih mudah terhadap konten yang diberi sub-judul. Pastikan sub-judul diberi tambahan kalimat pendukung atau seperti pada bagian tittle. Gunakanlah keyword tertarget atau turunan lainnya sebagai salah satu cara SEO Friendly. Oh ya, sub-judul lebih dikenal dengan H2 (heading 2).

3. H3 (Heading 3)

Penggunaan H3 bisa diberikan atau boleh juga tidak diberikan. H3 ini biasa digunakan sebagai tempat penjelasan atau point-point utama dari isi postingan.

4. Kepadatan Kata Kunci

Kepadatan kata kunci juga mempengaruhi seberapa kualitaskah konten tersebut. Sebaiknya sobat jangan terlalu banyak menempatkan kata kunci. Misalnya, jika sobat menulis artikel 500 kata, maka jumlah kemunculan kata kunci yang tepat untuk konten adalah 8. Jangan dilebih-lebihkan sebab mesin pencari akan menganggap itu spam. Meskipun konten yang dibuat adalah konten berkualitas.

5. Letakkan Kata Kunci Di Tempat Paling Tepat

Selain kepadatan kata kunci, ini merupakan hal paling vital dalam membuat konten SEO Friendly. Perlu diketahui menempatkan kata kunci di bagian awal dan akhir adalah cara praktis untuk mempermudah mesin pencari mengindex lebih cepat dan menempatkan website ke posisi terbaik. Tuangkan kata kunci lainnya di artikel yang ditulis, pastikan juga jangan terlalu berdempetan. Ini akan memperburuk kualitas konten yang sobat buat.

6. Buat Konten Secara Rutin

Yang terakhir adalah membuat konten secara rutin. Pastikan sobat jangan terlalu lama mengupdate konten berkualitas lainnya. Namun, dengan catatan pastikan konten saling berkataitan dengan apa yang dibuat sebelumnya. Selain itu, letakkan juga internal link, misalnya menggunakan kutipan“baca juga” atau di benamkan pada kata – kata dalam artikel yang memang dianggap berkaitan.