Menulis Artikel SEO Itu Mudah

Seperti judul artikel ini bahwa menulis artikel SEO itu mudah. Semudah menuliskan sebuah pengalaman kita ke dalam bentuk storyboard. Sehingga, mengalir begitu saja. Namun, kali ini kita akan membahas bagaimana menulis artikel yang digunakan untuk meningkatkan traffic sebuah website atau blog. Semakin banyak artikel Anda dibaca maka semakin tinggi rangkingnya di SEO maka itu akan semakin menaiknya kualitas website atau blog Anda sendiri.



Menulis artikel SEO beda tipis dengan menulis atikel-artikel yang biasanya kita baca. Bedanya, artikel SEO friendly akan menampilkan topik-topik yang sedang hangat dibicarakan saat ini. Anda sebagai penulis harus jeli membaca kemauan pembaca Anda. Sehingga, website atau blog Anda sering dikunjungi. Biasanya, artikel yang disukai pembaca biasanya berupa tips-tips atau solusi-solusi dari masalah yang dihadapinya. Contoh, untuk anak kuliah akan mencari artikel dengan kata kunci tugas kuliahnya. Misalkan, tugas kuliahnya tentang aplikasi pengolah data SPSS, maka Anda bisa menuliskan blog tentang SPSS. 

Anda pasti penasaran bagaimana menuliskan artikel SEO yang baik.

Yuk,  dibaca pembahasan dibawah ini yang diambil dari sumber terpercaya dari jayapenulis.com!

Cara Mudah Menulis Artikel SEO

1. GUNAKAN KEYWORD YANG POPULER

Keyword yang populer maksudnya adalah keyword yang sedang dicari-cari pembaca saat ini. Bisa juga disebut sebagai keyword yang sedang hangat dibicarakan saat ini. Setiap hari pasti ada kejadian hangat yang dibahas setiap waktu di media massa, televisi, bahkan di media sosial. Ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat artikel Anda. Keyword yang populer akan memudahkan pembaca mencari artikel Anda. Terkadang, artikel Anda juga akan menjadi rujukan tersendiri buat pembaca.

2. UTAMAKAN USER EXPERIENCE

User experience disini maksudnya pengalaman yang sudah dilakukan oleh user sehingga bisa dijadikan rujukan menulis artikel.
Faktor-faktor yang mempengaruhi user experience:
a. Desain website/Blog yang profesional
b. Navigasi yang mudah
c. Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca
d. Meminimalisir kesalahan ejaan
e. Interaksi yang baik (diskusi, komentarm, dan share)
f. Kecepatan loading
g. Responsive design

3. GUNAKAN KEYWORD DI JUDUL ARTIKEL

Jika Anda menginginkan artikel Anda dibaca oleh banyak orang, maka sebaiknya Anda menggunakan keyword di judul artikel. Ini akan memudahkan ditemukannya artikel Anda di SEO. Kalau keyword hanya digunakan di badan artikel, ini akan memperlambat kerja SEO dalam menganalisa apakah artikel Anda sesuai dengan permintaan pembaca atau pencarinya.

4. JUDUL YANG MENGUNDANG KLIK

Judul yang mengundang klik ini maksudnya adalah judul dibuat banyak dalam satu artikel. Ini juga akan memudahkan SEO untuk memunculkan artikel Anda untuk pencarinya. Anda bisa membuat 2-3 judul untuk satu artikel sehingga artikel Anda tetap dicari yang paling atas.

5. INTERNAL LINK

Internal link berguna untuk memunculkan alternatif artikel lain untuk  mendukung artikel yang Anda buat. Anda bisa menggunakan 5-10 link dalam satu artikel. Ini sangat membantu pembaca untuk menemukan apa yang mereka inginkan dari artikel kita. 

6. KONSISTEN

Menulis artikel SEO tidak bisa absen. Harus konsisten. Tujuannya untuk menjaga eksistensi website atau blog Anda di SEO itu sendiri. Bila Anda menulis sekali lima hari atau sekali seminggu, ini membunuh website atau blog Anda sendiri. SEO tidak akan bisa mendeteksi website atau blog yang jarang diupdate.


7. PARAGRAF SINGKAT

Pembaca saat ini tidak suka dengan paragraf yang panjang. Mereka akan bosan dan jenuh dalam menganalisa maksud dari artikel Anda. Terutama anak muda Indonesia, mereka hanya menyukai artikel dengan paragraf singkat, padat, jelas dan langsung membahas inti yang mereka cari.